Mini Workshop: Statistik Terapan Bidang Ilmu Sosial & Launching Buku “Penerapan Statistika dalam Logistik”

Selasa, 7 November 2023, Mini Workshop: Statistik Terapan Bidang Ilmu Sosial & Launching Buku “Penerapan Statistika dalam Logistik” merupakan garapan kolaborasi antara Program Studi Hubungan Internasional dengan Program Studi Teknik Logistik Universitas Pertamina. Webinar ini dilaksanakan secara offline di Ruang Auditorium, Lantai 3 Gedung Griya Legita, Universitas Pertamina dan terbuka untuk seluruh mahasiswa Universitas Pertamina. Kegiatan ini berjalan sukses dan mampu mendapatkan animo yang tinggi dari peserta di bawah panduan MC, yaitu Priesca Aliansyah Putri Ayu, mahasiswa Program Studi Hubungan Internasional, Universitas Pertamina, serta moderator Bapak Iqbal Ramadhan, M. IP., selaku kepala program studi Hubungan Internasional. Webinar ini dihadiri secara langsung oleh Wakil Dekan Fakultas Komunikasi & Diplomasi, Universitas Pertamina yaitu Bapak Dr. Indra Kusumawardhana, M. Hub. Int dan Kepala Program Studi Teknik Logistik Universitas Pertamina, yakni Bapak Dr. Iwan Sukarno. Kekhidmatan peserta dalam menyimak webinar ini salah satunya dikarenakan adanya daya tarik peserta yang kuat terhadap dua narasumber hebat dari Dosen Program Studi Teknik Logistik, Universitas Pertamina, yakni Bapak Adji Candra Kurniawan, S. T., M. T., CSCA dan Ibu Resista Vikaliana, S. Si, M. M.

Webinar ini diawali dengan sambutan dari Kepala Program Studi Teknik Logistik, Universitas Pertamina, yakni Bapak Dr. Iwan Sukarno dan Wakil Dekan Fakultas Komunikasi & Diplomasi, Universitas Pertamina, yaitu Bapak Dr. Indra Kusumawardhana, M. Hub. Int. D. Dua topik yang menjadi pembahasan utama pada webinar ini adalah “Peran Statistika Deskriptif sebagai Tahap Awal dalam Pembuatan Keputusan” yang dipaparkan oleh Bapak Adji Candra Kurniawan, S. T., M. T., CSCA dan “Regresi Linier” oleh Ibu Resista Vikaliana, S. Si, M. M. Dalam pemaparan pertama, Bapak Adji menekankan pentingnya memanfaatkan statistika deskriptif dalam kehidupan sehari-hari. Statistika deskriptif banyak digunakan untuk menciptakan alasan seseorang dalam membuat keputusan. Kemudian, data sendiri berurgensi untuk mendukung alasan tersebut. Tidak hanya itu, Bapak Adji juga memberikan analisis mendalam terkait distribusi frekuensi, tendensi sentral, dan variabilitas. Kegiatan brainstorming terkait studi kasus statistik deskriptif kepada peserta menjadi penutup yang menarik dari pemaparan beliau.

Selanjutnya, Ibu Resista Vikaliana, S. Si, M. M sebagai pembicara kedua menjelaskan dengan detail topik Regresi Linear yang juga menjadi salah satu bab dari buku “Penerapan Statistika dalam Logistik”. Secara daring melalui platform Microsoft Teams, Ibu Resista menyampaikan kepada peserta di ruangan bagaimana metode Regresi Linear mampu menjadi instrumen yang baik dalam menganalisis variabel. Beliau menjelaskan bahwasannya apabila statistika deskriptif mampu menampilkan secara deskriptif tanpa melihat hubungan antar variabel, maka regresi linear sebaliknya. Dalam penerapannya di ilmu Sosial, Ibu Resista menekankan bahwa variabel merupakan titik tolak dalam menyusun latar belakang suatu masalah. Pengkajian antar variabel melalui teori akan membawa peneliti mengetahui indikator-indikator sehingga metode regresi linear dapat dimanfaatkan untuk menganalisis faktor. Tidak hanya itu, beliau juga menyampaikan terdapat beberapa jenis uji dalam membuktikan keakuratan data, yakni uji regresi, uji instrumen, uji asumsi dasar, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, dan uji hipotesis serta penjelasan mengenai koefisien korelasi.

Sesi pemaparan oleh kedua narasumber kemudian ditutup dengan kegiatan dialog atau sesi tanya jawab kepada peserta. Setelahnya, webinar ini ditutup dengan penyerahan cenderamata kepada narasumber, hadiah menarik bagi lima penanya terbaik, dan merchandise untuk lima peserta beruntung yang dibagikan langsung oleh Bapak Iqbal Ramadhan, M. IP., selaku kepala program studi Hubungan Internasional.

Categories: Events, Lini Masa, News