Diskusi MSA dengan Laboratorium HI Universitas Sriwijaya

Jakarta, 5 Juni 2023, pihak Laboratorium Mandala Saksana Astagatra Universitas Pertamina telah menyelenggarakan diskusi dengan pihak Laboratorium Universitas Sriwijaya secara tatap muka di ruang Mandala Saksana Astagatra, Universitas Pertamina. Pertemuan ini diselenggarakan untuk melakukan studi banding mengenai progres perkembangan kedua lembaga.

Agenda pertama dalam diskusi ini membahas  mengenai latar belakang berdirinya Laboratorium Hubungan Internasional Universitas Pertamina yang disampaikan oleh Kepala Prodi Hubungan Internasional Universitas Pertamina Bapak Iqbal Ramadhan, M.I.Pol.  Agenda selanjutnya mengenai pemaparan materi perkembangan serta program kerja Laboratorium Hubungan Internasional Mandala Saksana Astagatra (MSA) oleh Ibu Silvia Dian Anggraeni, S.Sos., M.A. selaku ketua MSA. Dalam pemaparannya beliau menjelaskan bahwa laboratorium tersebut memiliki fungsi utama untuk menunjang program Tri Dharma, serta fungsi sekunder untuk mengasah softskill mahasiswa dalam dunia kerja.

Agenda kedua dalam diskusi ini membahas mengenai media pembelajaran mahasiswa yang difasilitasi oleh MSA serta penampilan secara visual media belajar mahasiswa yang disampaikan oleh Ibu Rika Isnarti, S.IP, MA(IntRel). Dalam pemaparan ini, beliau menampilkan beberapa media pembelajaran baik berupa software maupun hardware. Media software yang digunakan seperti Tableau, IR statecraft, dan MUN Command. Dan hardware yang digunakan berupa board games.  Dalam diskusi kerja sama antara Universitas Pertamina dengan Universitas Sriwijaya, pelatihan diplomasi energi dan media pembelajaran prodi Hubungan Internasional Universitas Pertamina menjadi fokus utama. Dalam agenda ini, Universitas Pertamina memaparkan hasil pembelajaran dari metode-metode yang diterapkan di Prodi Hubungan Internasional Universitas Pertamina.

Diharapkan dengan adanya diskusi ini dapat meningkatkan kerja sama antara Laboratorium Hubungan Internasional Universitas Pertamina dan Universitas Sriwijaya, sehingga mampu menunjang proses pembelajaran dan program kerja kedua lembaga.

Categories: Events, News