Himpunan Mahasiswa Program Studi Hubungan Internasional Universitas Pertamina (HMHIUP)

HMHI UP adalah organisasi mahasiswa/i yang berada pada tingkat Program Studi Hubungan Internasional di Universitas Pertamina. HMHI UP merupakan suatu wadah untuk menampung aspirasi mahasiswa/i Program Studi Hubungan Internasional Universitas Pertamina sekaligus sebagai tempat untuk membangun dan mengembangkan pola pribadi dan kepribadian sesuai dengan disiplin ilmu yang diajarkan di kelas, nilai-nilai Universitas Pertamina, dan Tri Dharma Perguruan Tinggi demi membentuk pribadi, lingkungan, universitas, dan negara yang lebih baik. HMHI UP juga berdasarkan prinsip dari, oleh, dan untuk mahasiswa/i, dengan maksud bahwa HMHI UP dibentuk untuk memenuhi kebutuhan akan adanya organisasi mahasiswa/i yang sah dan diakui secara hukum demi menjalankan program-program kerja yang diamanatkan dari para mahasiswa/i dan struktur kepengurusannya yang melalui pemilihan langsung dari para mahasiswa/i Hubungan Internasional. HMHI UP dijalankan sesuai dengan kepentingan mahasiswa/i dan menjalankan program kerja bersama. Untuk merealisasikan visi dan misi dari Universitas Pertamina, Program Studi Hubungan Internasional turut berperan aktif dalam pencapaian visi dan misi Universitas Pertamina, yaitu menjadi Top World University paling lambat tahun 2035.

HMHI UP didirikan pada 8 September 2016 dengan maksud untuk merangkul dan melibatkan seluruh mahasiswa/i Program Studi Hubungan Internasional Universitas Pertamina untuk ikut berkontribusi dalam program-program kerja yang telah disusun oleh HMHI UP serta membentuk mahasiswa/i yang berprestasi, inovatif, bertanggung jawab, cakap dan terampil, serta menunjang nilai Universitas Pertamina dan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Karakteristik HMHI UP yaitu bersifat kekeluargaan, yang berarti setiap mahasiswa/i yang menjadi dan tergabung ke dalam keanggotaan HMHI UP mempunyai kewajiban untuk menciptakan dan menjaga keharmonisan dalam berinteraksi dengan seluruh anggota HMHI UP. Selain itu, HMHI UP menjungjung nilai-nilai Universitas Pertamina dan menganut asas terbuka, tidak diskriminatif, nirlaba, mandiri, adil, efektif, efisien, dan transparan dalam segala kegiatan pelaksanaannya.

VISI

Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Pertamina (HMHI UP) sebagai komunitas akademik maupun non-akademik yang berasaskan nilai persatuan dan kekeluargaan dengan berlandaskan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

MISI

  1. Merangkul dan melibatkan seluruh mahasiswa/i Program Studi Hubungan Internasional Universitas Pertamina untuk berkontribusi dalam program-program kerja yang telah disusun oleh HMHI UP dengan rasa tanggung jawab dan transparansi.
  2. Menciptakan lingkungan pembelajaran dan pendidikan yang kondusif serta berkualitas secara berkelanjutan dan relevan dengan perkembangan disiplin ilmu Hubungan Internasional dan terkhususnya di bidang energi, serta disiplin ilmu lain pada umumnya.
  3. Membangun jaringan internal dan eksternal yang erat dan komunikatif.

Tujuan didirikannya HMHI UP, yaitu:

  1. Membangun manusia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa disertai dengan integritas, tanggung jawab sosial, berwawasan nusantara maupun global, jiwa profesionalisme, dan dapat diandalkan;
  2. Merangkul dan melibatkan seluruh mahasiswa/i Program Studi Hubungan Internasional Universitas Pertamina untuk ikut berkontribusi dalam program kerja HMHI UP dengan prinsip transparansi; dan
  3. Membentuk mahasiswa/i yang berprestasi, cakap dan terampil, inovatif, bertanggung jawab, serta menjunjung nilai tinggi Universitas Pertamina dan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Fungsi Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Pertamina

  1. Pengembangan potensi diri dan jati diri mahasiswa/i sebagai insan akademis, ilmuwan, dan kaum intelektual masa depan.
  2. Pengembangan potensi diri terhadap minat, bakat, penalaran, dan keilmuan.
  3. Untuk menampung dan menyalurkan aspirasi mahasiswa/i menetapkan garis-garis besar program kerja dan kegiatan kemahasiswaan.
  4. Pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan.
  5. Komunikasi antar civitas academica.
  6. Pengembangan pelatihan keterampilan organisasi, manajemen, dan kepemimpinan mahasiswa/i.
  7. Pembinaan dan pengembangan generasi bangsa yang berpotensi melanjutkan kesinambungan pembangunan nasional.
  8. Memelihara dan mengembangkan ilmu dan teknologi yang dilandasi norma-norma agama, akademis, etika moral, dan wawasan kebangsaan.

Keanggotaan 

Anggota HMHI UP adalah seluruh mahasiswa/i jurusan Hubungan Internasional Fakultas Komunikasi dan Diplomasi Universitas Pertamina yang masih aktif dan terdaftar secara akademik.

Bentuk Keanggotaan

Anggota HMHI UP adalah mahasiswa/i Hubungan Internasional Fakultas Komunikasi dan Diplomasi Universitas Pertamina yang terdiri dari:

  1. Presiden HMHI UP
  2. Wakil Presiden HMHI UP
  3. Menteri dan Wakil Menteri
  4. Penanggung Jawab Acara
  5. Dewan Perwakilan Mahasiswa HMHI UP
  6. Seluruh mahasiswa/i HI UP di luar kepengurusan

Struktur Himpunan

  1. Pemimpin tertinggi di HMHI UP disebut sebagai Presiden HMHI UP.
  2. Wakil pemimpin di HMHI UP disebut sebagai Wakil Presiden HMHI UP.
  3. Dalam menjalankan tugasnya di HMHI UP, Presiden dan Wakil Presiden akan dibantu oleh Kementerian yang diketuai oleh Menteri, serta badan otonom yang diketuai oleh Penanggung Jawab Acara di bawah Kementerian.
  4. Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) dipimpin oleh seorang Head of DPM dan sekurang-kurangnya 5 (lima) anggota yang akan dipilih melalui musyawarah mufakat.

Kementerian dan Penanggung Jawab Acara

HMHI UP memiliki beberapa Kementerian yang membawahi beberapa Badan Otonom yang akan membantu terselenggaranya program kerja HMHI UP. Setiap Kementerian akan dipimpin oleh seorang Menteri yang akan dibantu oleh seorang Wakil Menteri yang langsung bertanggung jawab kepada Presiden HMHI UP dan Wakil Presiden HMHI UP.

  1. Tugas Menteri akan dibantu oleh beberapa Department yang beranggotakan seorang Kepala Department, seorang Sekretaris Department, dan sekurang-kurangnya dua anggota.
  2. Kementerian di dalam struktur organisasi HMHI UP terdiri dari Kementerian Dewan Sekretariat; Kementerian Keuangan; Kementerian Teknologi, Informasi, dan Komunikasi; Kementerian Sosial, Politik, dan Hukum; Kementerian Pendidikan, Budaya, dan Pengembangan Sumber Daya; Kementerian Dalam Negeri; Kementerian Luar Negeri; dan Kementerian Kewirausahaan.
  3. Masing-masing Kementerian berhak membentuk Badan Otonom yang terkait dengan bidang yang dibawahinya.

Kementerian HMHI UP

  • Kementerian Dewan Sekretariat

Kementerian Dewan Sekretariat HMHI UP merupakan kementerian yang berdiri di bawah naungan HMHI UP dengan lingkup tugas menyelenggarakan dukungan teknis dan administrasi serta analisis urusan organisasi di bidang kesekretariatan untuk membantu penyelenggaraan kehidupan berorganisasi.

  • Kementerian Keuangan

Kementerian Keuangan HMHI UP merupakan kementerian yang berdiri di bawah naungan HMHI UP dengan lingkup tugas menyelenggarakan urusan organisasi di bidang keuangan untuk membantu penyelenggaraan organisasi.

  • Kementerian Teknologi, Informasi, dan Komunikasi

Kementerian Teknologi, Informasi, dan Komunikasi HMHI UP merupakan kementerian yang berdiri di bawah naungan HMHI UP dengan lingkup tugas pemanfaatan teknologi informasi untuk membantu penyelenggaraan organisasi

  • Kementerian Sosial, Politik, dan Hukum

Kementerian Sosial, Politik, dan Hukum HMHI UP merupakan kementerian yang berdiri di bawah naungan HMHI UP dengan lingkup tugas isu-isu sosial, advokasi sosial, dan kemasyarakatan untuk membantu penyelenggaraan organisasi.

  • Kementerian Pendidikan, Budaya, dan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Kementerian Pendidikan, Budaya, dan Pengembangan Sumber Daya Manusia HMHI UP merupakan kementerian yang berdiri di bawah naungan HMHI UP dengan lingkup tugas menyelenggarakan urusan organisasi di bidang pendidikan, pengelolaan kebudayaan, tugas pengembangan diri, dan ilmu pengetahuan yang bersifat akademik maupun non-akademik untuk membantu penyelenggaraan organisasi.

  • Kementerian Dalam Negeri

Kementerian Dalam Negeri HMHI UP merupakan kementerian yang berdiri di bawah naungan HMHI UP dengan lingkup urusan internal organisasi untuk membantu penyelenggaraan organisasi.

  • Kementerian Luar Negeri

Kementerian Luar Negeri HMHI UP merupakan kementerian yang berdiri di bawah naungan HMHI UP dengan lingkup penyelenggaraan hubungan eksternal organisasi dan pelaksanaan politik eksternal organisasi, termasuk sarana dan mekanisme pelaksanaannya, koordinasi dengan organisasi eksternal, wewenang dan pelimpahan wewenang dalam penyelenggaraan hubungan antar organisasi eksternal dalam penyelenggaraan organisasi.

  • Kementerian Kewirausahaan

Kementerian Kewirausahaan HMHI UP merupakan kementerian yang berdiri di bawah naungan HMHI UP dengan lingkup tugas menyelenggarakan bidang koperasi dan usaha mahasiswa/i dalam organisasi untuk membantu penyelenggaraan organisasi.

Screen Shot 2020-01-27 at 11.54.29-min

Pertemuan Nasional Mahasiswa Hubungan Internasional se-Indonesia (PNMHII)

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 10-14 November 2019 yang bertempat di Universitas Islam Indonesi, Yogyakarta dengan tema Human Security is Our Responsibility to Protect and Provide. Tujuan dari kegiatan ini sebagai keaktifan Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Pertamina pada Forum Komunikasi Mahasiswa Hubungan Internasional se-Indonesia.
IMG_0652-min

Studi Banding HMHI Universitas Pertamina (HMHI UP) dan HMHI Universitas Indonesia (HMHI UI)

Kegiatan ini dilaksanakan pada 24 Oktober 2019 bertempat di Universitas Indonesia, yang bertujuan sharing program kerja antara HMHI UP dan HMHI UI untuk memberikan insight program kerja yang lebih inovatif dan kreatif dalam menunjang keberlangsungan organisasi.

Academic Writing

Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan September 2019 yang dilaksanakan pada hari Kamis setiap pekannya. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah memberikan arahan kepada mahasiswa baru prodi Hubungan Internasional Universitas Pertamina terkait dengan etika penulisan yang baik dan benar.
IMG_0021-min

Fun Camp FKMHII Korwil II

Kegiatan ini dilaksanakan pada 27-29 September 2019 yang bertempat di Bogor, Jawa Barat dengan tema: The Amazing Race. Pada pelaksanaannya. Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat hubungan antar mahasiswa program studi Hubungan Internasional pada Korwil II.

Go Mangrove x Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan Universitas Pertamina (HMTL UP)


Kegiatan ini dilaksanakan pada 19 September 2019 bertempat di Rusun Marunda Jakarta, yang bertujuan sebagai implempentasi pengabdian masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk penanaman tanaman Mangrove sebagai upaya pelestarian lingkungan serta pencegahan akan berbagai permasalahan lingkungan.
Picture1

Pertemuan Sela Nasional Mahasiswa Hubungan Internasional se-Indonesia (PSNMHII)

Kegiatan ini dilaksanakan pada 7-11 April 2019 bertempat di Univeritas Mulawarman, Samarinda. Tema yang diangkat pada kegiatan ini berupa International Relations for Environment: Implementasi Kajian Hubungan Internasional dalam Upaya Pelestarian Lingkungan.
DSCF5538-min

IR TALK WITH IUNIA

Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat, 21 Februari 2020 bertempat di Auditorium Universitas Pertamina. Kegiatan ini merupakan sharing session dengan narasumber yang sudah pernah magang di PBB. Tujuan kegiatan ini memberikan gambaran kepada mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Pertamina mengenai pelaksanaan magang di PBB
Screen Shot 2020-02-24 at 14.21.09

DISOSOR (Diskusi Sore-Sore) Analisis Kemunculan Fenomena Kerajaan-kerajaan Baru di Indonesia

Kegiatan ini merupakan bagian dari IR Insight, sebuah kegiatan regular yang dilaksanakan Himpunan mahasiswa Hubungan Internasional. Pada Sesi kali ini, 20 Februari 2020 mengangkat isu mengenai munculnya Fenomena Kerajaan-kerajaan Baru di Indonesia dan penjelasannya dari sudut pandang teori HI. Bertindak sebagai pemantik diskusi Rika Isnarti, selaku dosen Hubungan Internasional Universitas Pertamina
Picture1

MOVIE DISCUSSION THE FLU Menilik Keterkaitan Film The Flu Dengan Fenomena Virus Corona

Kegiatan ini dilaksanakan pada 6 Februari 2020. sebagai pemantik diskusi Muhammad Fauzi Abdul Rachman dosen Hubungan Internasional Universitas Pertamina, memaparkan keterkaitan negara dengan munculnya isu kesehatan. Ia menjelaskan bagaimana negara hadir sebagai penyedia keamanan bagi warga negaranya yang tidak hanya saja dalam isu keamanan tradisional

Laman Sosial Media HMHI UP

HIPODS

Eps6 - UP GOES TO CHINA (ft. Dr.Indra Kusumawardhana)