PRESTASI MAHASISWA

PROGRAM STUDI HI UNIVERSITAS PERTAMINA

Sampoerna University Essay Competition

Pada April 2018, Nugroho Adi Murtopo (Hubungan Internasional’16) berhasil mendapatkan Juara II mewakili Universitas Pertamina dalam Kompetisi Esai yang diselenggarakan oleh Sampoerna University. Acara yang bertajuk Festival of Engineering and Technology  (FETO 1.0) Festival tersebut memiliki berbagai rangkaian acara seperti Kompetisi Poster, Scientific Paper, dan Esai yang bertemakan Unleashing Indonesia’s Potential On Industry. Nugie berhasil mendapatkan juara tersebut dengan menuliskan esai melalui sudut pandang populasi yang dapat mendukung Indonesia dalam menghadapi Industry 4.0.

The 4th International Biotechnology and Exhibition 2018

Kirana Rindu Chrismonita (Hubungan Internasional’16) bersama dengan timnya dari prodi Teknik Kimia berhasil mendapatkan Juara ke 3 di acara “4th International Biotechnology and Exhibition 2018” (IBCEX 2018) yang diselenggarakan oleh Universitas Teknologi Malaysia dengan kategori Biofuel/Renewable Energy. Kirana Rindu dan rekan memberikan presentasi mengenai “Green Aviation Project” yaitu proyek mengenai bahan bakar alternatif untuk industri penerbangan berbasis mikroalga.

Taekwondo Prasetya Olympic

Dua Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Pertamina mewakili Tim Taekwondo Universitas Pertamina berhasil meraih medali di kejuaraan Taekwondo Prasetiya Mulya Olympic. Robby Panji (2017) berhasil meraih medali emas dan Akrom (2016) berhasil meraih medali perak. Kejuaraan tersebut diikuti oleh berbagai kampus dan klub se-jabotabek. Persiapan baik fisik maupun mental sebelum pertandingan tersebut menjadi hal utama yang wajib dipersiapkan. Team Taekwondo Universitas Pertamina memegang prinsip lebih baik bercucuran keringat di tempat latihan daripada berlumuran darah di medan tanding. Alhasil, hampir semua mendapatkan medali kemenangan.

Industrial Creative Festival (ICFEST) 2017

Tim Debat Universitas Pertamina yang beranggotakan dua mahasiswa Hubungan Internasional Heri Kurniawan dan Nugroho Adi Murtopo berhasil menjadi Juara 1 kompetisi debat tingkat nasional dalam ajang Industrial Creative Festival (ICFEST) 2017 di Riau.

Al-Azhar Speech and Debate Competition 2018

Empat Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Pertamina Naufal Musri, Ibrahim Hugo, Amrullah Fadli, dan Anisa Rahma telah berhasil meraih Juara 1 dalam ajang kompetisi speech and debate yang diselenggarakan oleh Keluarga Mahasiswa FISIP Universitas Al Azhar Indonesia. Acara tersebut bertemakan “Generasi Kuat, Indonesia Hebat” yang dilaksanakan pada tanggal 11-12 Mei 2018. Tim tersebut berhasil bersaing dengan berbagai Universitas Jabodetabek hingga akhirnya menjadi pemenang setelah bersaing dengan Universitas Pembangunan Nasional Veteran (UPN) Jakarta di babak final.

Jakarta Model United Nations 2018

Selaku dalam keanggotaannya pada Indonesian Student Association for International Studies (ISAFIS), Muhammad Naufal Musri (Hubungan Internasional’16) menduduki jabatan sebagai Secretary General dalam kegiatan acara Jakarta Model United Nations 2018  (JMUN 2018). Kegiatan tersebut merupakan rangkaian ke-8 dalam pelaksanaan dalam ISAFIS. JMUN merupakan salah satu kegiatan MUN terbesar di Indonesia. Di tahun ini JMUN bekerja sama dengan United Nations Information Center (UNIC) dengan menjalankan format  ‘UN4MUN’ serta menyelenggarakan ‘International Youth Day | United Nations for Youth’.

Duta Genre BKKBN 2018

Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Pertamina Heri Kurniawan (kedua dari kiri) berhasil meraih Juara 1 dalam ajang Duta Generasi Berencana (GenRe) Jakarta Selatan melalui jalur masyarakat. Acara ini merupakan salah satu program Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dalam upaya meningkatkan kualitas hidup melalui pengembangan Program Generasi Berencana (GenRe). Dengan keberhasilan ini, Heri Kurniawan akan mewakili Jakarta Selatan pada pemilihan Duta GenRe tingkat provinsi DKI Jakarta pada bulan Agustus 2018.

Citizen Journalist Academy 2017

Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Pertamina Heri Kurniawan berhasil menjadi Finalist dalam ajang Citizen Journalist Academy (CJA) pada bulan November 2017. Citizen Journalist Academy #EnergiMudaPertamina merupakan program kepelatihan di bidang media digital dan televisi melalui program pembelajaran berbasis komunitas yang dikemas secara menarik dan edukatif. Ajang ini diselenggarakan oleh PT Pertamina (Persero), Liputan6.com, dan Indosiar yang bersinergi menggelar ajang Citizen Journalist Academy #EnergiMudaPertamina. Tujuannya untuk mengakomodir generasi muda dalam berkarya pada bidang citizen journalism