Studium Generale: Prospective Relations between Indonesia-Turkey in the Context of Geopolitics and Geoeconomics

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan seluruh mahasiswa Universitas Pertamina, khususnya mahasiswa Hubungan Internasional, HMHI UP pada tanggal 20 Maret 2018 mengadakan Studium Generale dengan tema “Prospective Relations between Indonesia – Turkey in the Context of Geopolitics and Geoeconomics”. Dalam kuliah umum kali ini, HMHI UP mempunyai kesempatan yang sangat berharga karena dapat mengundang H. E. Dr. Mehmet Kadri Sander Gürbüz, Duta Besar Turki untuk Indonesia sebagai narasumber. Kuliah umum ini juga secara langsung dipandu oleh salah satu dosen Hubungan Internasional Universitas Pertamina, Dr. Ian Montratama, SE., M.E.B., M.Si (Han).

Kuliah Umum: Kekuatan Asimetrik dalam Studi Hubungan Internasional

Fakultas Komunikasi dan Diplomasi (FKD) Universitas Pertamina mengundang Brigjen. Dr (Cand). Victor Prihatino Tobing, S.M., M.Si (Han), Direktur Penanggulangan dan Pemulihan Ekonomi Digital – Deputi Bidang Penanggulangan dan Pemulihan BSSN untuk mengisi kuliah tamu dengan tema “Memahami Kekuatan Asimetrik di dalam Studi HI”. Acara ini dihadiri oleh 150 mahasiswa Program Studi Hubungan Internasional Universitas Pertamina dan beberapa mahasiswa dari Universitas Pertahanan. Kuliah tamu ini diselenggarakan pada Kamis, 22 Agustus 2019 di Auditorium Gedung Griya Legita, Universitas Pertamina dan dibuka dengan adanya sambutan dari Dekan Fakultas Komunikasi dan Diplomasi Prof. Dr. Ir. Dermawan Wibisono, M.Eng dan Ketua Program Studi Hubungan Internasional Dr. Indra Kusumawardhana, M.Hub.Int. Selanjutnya, kuliah tamu ini dipandu oleh Bapak Iqbal Ramadhan, S.IP, M.I.Pol selaku Dosen Tetap sekaligus menjabat sebagai Sekretaris Prodi Hubungan Internasional, Universitas Pertamina.

Kuliah Umum: Diplomasi Kelapa Sawit Indonesia

Fakultas Komunikasi dan Diplomasi (FKD) Universitas Pertamina mengundang Drs. Dindin Wahyudin, D.E.A, Kepala Pusat Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Multilateral BPPK KEMLU RI untuk mengisi kuliah tamu, khususnya untuk mata kuliah Diplomasi dan Negosiasi dengan tema “Diplomasi Kelapa Sawit Indonesia”. Acara ini dihadiri oleh 150 mahasiswa Program Studi Hubungan Internasional Universitas Pertamina dan beberapa peserta yang merupakan mahasiswa dari universitas lain. Kuliah tamu ini diselenggarakan pada Senin, 23 September 2019 di Auditorium Gedung Griya Legita, Universitas Pertamina dan dibuka oleh Dosen Tetap Prodi Hubungan Internasional sekaligus seorang penulis dan peneliti isu geopolitik dan strategis dengan karyanya yang berjudul “Indonesia Inc: Peta Jalan Menuju Poros Maritim Dunia”. Selanjutnya, kuliah tamu ini dipandu oleh Bapak Iqbal Ramadhan, S.IP, M.I.Pol selaku Dosen Tetap sekaligus menjabat sebagai Sekretaris Prodi Hubungan Internasional, Universitas Pertamina

Kuliah Umum: Peran Airpower dalam Pertahanan Negara di Abad XXI

– Fakultas Komunikasi dan Diplomasi (FKD) Universitas Pertamina mengundang Letkol Pnb. Anton Pallaguna, S.E., M.MOAS yang saat ini menjabat sebagai Komandan Skadron Taruna Tingkat 1 Wing Taruna Akademi Angkatan Udara (AAU) Tentara Nasional Indonesia – Angkatan Udara (TNI-AU) untuk mengisi kuliah tamu mata kuliah Pengantar Kajian Keamanan (PKK) dengan tema “Peran Airpower Dalam Pertahanan Negara Di Abad XXI”. Acara ini dihadiri oleh 150 mahasiswa Program Studi Hubungan Internasional Universitas Pertamina dan turut hadir delegasi dari Sekolah Komando dan Kesatuan Angkatan Udara (SEKKAU) yang diwakili oleh Kadis Kajian dan Pendidikan SEKKAU Letkol Pom. Torang Tampubolon dan Kadep Operasi SEKKAU Letkol Nav. Marino Adam bersama empat Perwira Siswa SEKKAU.