news / Prestasi Mahasiswa · 06/08/2021

Mahasiswa HI Universitas Pertamina Meraih Juara II Tingkat Nasional Lomba Debat Politik Mahasiswa dalam Serangkaian Bulan Pancasila IX

Jakarta, 20 Juni 2021 – Dalam rangka memperingati hari lahirnya Pancasila, Himpunan Mahasiswa Politik dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang menyelenggarakan kompetisi debat dengan tema “Debat Politik Mahasiswa Tingkat Nasional Ke-6”. Kompetisi yang dilaksanakan pada hari Jumat, 18 Juni 2021 sampai dengan Minggu, 20 Juni 2021 ini terselenggara secara full daring menggunakan media zoom meetings.

Pelaksanaan lomba dilakukan tiga hari secara berturut-turut, hari Jumat, 18 Juni 2021 dilaksanakan pembukaan dan Technical Meeting. Kemudian Sabtu, 19 Juni 2021 dilaksanakan babak penyisihan (babak preliminary). Hari terakhir Minggu, 20 Juni 2021 dilaksanakan babak  Quarterfinal (8 besar) dan Semifinal (babak 4 besar) dan Grandfinal (perebutan Juara 1). Tim mahasiswa dari program studi Hubungan Internasional Universitas Pertamina berhasil menjadi salah satu dari 16 tim terbaik yang berhasil lolos dari berbagai universitas di Indonesia. Setelah melalui proses perdebatan yang sengit, tim yang beranggotakan Kadek Diah P, Nurmutiami, dan Nuramaliyah berhasil mencetak prestasi dengan menjadi salah satu Juara dalam ajang perlombaan Debat Politik Mahasiswa. Diah selaku ketua tim mengatakan bahwa timnya hanya memiliki waktu 3 hari untuk berlatih dan mempersiapkan diri sebelum bertanding dalam lomba debat tersebut.

Dengan waktu yang sangat singkat, Diah bersama timnya berlatih semaksimal mungkin dan hanya mengandalkan kemampuan debat sejak SMA. Tidak adanya pembina tim dikarenakan situasi dan kondisi yang belum memungkinkan tidaklah menyurutkan semangat mereka untuk mengikuti lomba ini. Diah dan timnya menjelaskan bahwa dari awal perdebatan mereka selalu mendapatkan lawan yang tidak mudah, namun mereka terus memenangkan match atau tanding debat sehingga membawa tim ini ke babak Grandfinal melawan Universitas Brawijaya. Dengan pertarungan debat yang sangat sengit, akhirnya tim mereka meraih Juara 2 Lomba Debat Politik Mahasiswa dalam rangka Bulan Pancasila IX Universitas Negeri Semarang 2021. Sebagai penutup, Diah dan timnya memberi pesan bahwa jangan pernah berhenti mencoba hal baru dan jangan pernah berhenti mengasah bakat sampai pada titik dimana kesuksesan diraih, hauslah akan pengalaman.