news / Prestasi Mahasiswa · 23/06/2021

Delegasi Universitas Pertamina meraih 3rd Position on Paper Presentatiton, Subtheme : Education pada PSNMHII KE-33

Para mahasiswa Hubungan Internasional Se-Indonesia kembali mengadakan agenda rutin yaitu Pertemuan Sela Nasional Mahasiswa Hubungan Internasional se-Indonesia atau biasa kita kenal dengan PSNMHII yang ke-33. Acara berlangsung pada tanggal 7- 11 Juni 2021. Tahun ini, Universitas Pelita Harapan yang menjadi tuan rumah dari penyelenggaraan PSNMHII ke-33. Acara PSNMHII ke-33 dilakukan secara daring yang diikuti oleh para mahasiswa Hubungan Internasional dari seluruh Indonesia.

Pada PSNMHII ke-33, ada empat chamber yaitu Sidang Forum, Pelita Harapan Diplomatic Course, Paper Presentation dan Project X. Sidang Forum adalah annual meeting yang diadakan selama PSNMHII berlangsung yang dihadiri oleh Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional dari seluruh Indonesia. Forum ini dijadikan sebagai media untuk berdiskusi, rekonstruksi, dan ratifikasi untuk mendukung keberlanjutan FKMHII. Forum siding bukan bagian chamber yang dilombakan. Chamber selanjutnya yaitu Pelitas Harapan Diplomatic Course, Paper Presentation dan Project X. Ketiga chamber ini adalah chamber yang menjadi ajang pembelajaran dan diperlombakan dalam PSNMHII ke-33.

Pada kesempatan kali ini, Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Pertamina (HMHI UP) berkesempatan untuk turut berpartisipasi dalam acara PSNMHII ke-33 yang diselenggarakan oleh Universitas Pelita Harapan. Pada kesempatan ini, HMHI UP mengirimkan tujuh orang delegasi dari Hubungan Internasional Universitas Pertamina (HI UP) untuk mewakili HI UP pada setiap chamber. Fenti Agustina dan Rifqi Ananta Haidar delegasi untuk chamber paper competition. Reskyana Lukman dan Rahardi delegasi untuk chamber Project X. Putri Dewi Cesillia delegasi untuk chamber Pelita Harapan Diplomatic Course (PHDC). Lalu Ivan Dalin Sembiring dan Nadia Daffa Salsabila delegasi untuk chamber siding forum. Untuk PSNMHII ke-33, para delegasi dari HI UP merupakan Angkatan 2019.

Semua delegasi HI UP telah berpartisipasi dalam PSNMHII ke-33 dengan mengerahkan kemampuan terbaik mereka. Pada hari ketiga, saat pengumuman peserta yang lolos babak final HI UP mampu meloloskan empat delegasi dari dua chamber. Delegasi HI UP yang lolos ke babal final dari chamber paper presentation dan Project X. Hal ini sudah menjadi sebuah kebanggan bagi HI UP.

Pada babak final, tim yang lolos pada yaitu tim Fenti Agustina dan Rifqi Ananta Haidar dan tim Reskyana Lukman dan Rahardi kembali mengerahkan usaha terbaik. Tim Rifqi dan Fenti dari chamber paper presentation telah berjuang dalam mempresentasikan paper mereka sebaik mungkin, begitupun tim Reskyana dan Rahardi dari chamber project X.

Dengan penuh syukur, pada hari terakhir pengumuman hasil babak final HI UP bisa mendapatkan 3rd place untuk chamber paper presntation dari subtheme: education. Semua usaha terbaik dari semua delegasi HI UP pada PSNMHII ke-33 telah dikerahkan. Hasil akhir berupa kemanangan adalah bonus. Pengalaman dan koneksi adalah bagian terpenting dari proses yang telah dilalui bagi semua delegasi HI UP. Para delegasi HI UP pada PSNMHII ke-33 berharap jika nanti untuk acara-acara PSNMHII berikutnya mereka bisa melakukan yang lebih baik dan HI UP bisa lebih bersinar telepas dari siapapun delegasi nya. Mereka sangat bersyukur dan berterima kasih karena telah diberikan kesempatan untuk berpartisipasi pada PSNMHII ke-33.